Kamis, 30 Mei 2024
33 C
Semarang

Presiden Lantik Arsul Sani Jadi Hakim Mahkamah Konstitusi

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arsul Sani sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Arsul dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 102P tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Mahkamah Agung.

“Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Hakim Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Arsul Sani dilansir dari PMJ News.

“Dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” sambungnya.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua MKRI Suhartoyo dan hakim konstitusi lainnya, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Agus Subiyanto.

Sebelumnya, Komisi III DPR resmi menyetujui Arsul Sani sebagai hakim MK menggantikan Wahiduddin Adams. Arsul memastikan mundur dari Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), anggota Komisi II DPR, dan Wakil Ketua MPR.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru