Senin, 2 Oktober 2023
31 C
Semarang

Awal Musim Hujan Diprediksi November 2023

Berita Terkait

PORTALJATENG — Awal musim hujan secara umum diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadi pada bulan November 2023.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, awal musim hujan di Indonesia bakal tidak terjadi secara serentak.

Prediksinya, musim hujan tahun ini akan datang lebih lambat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut lantaran curah hujan yang mengalami penurunan di tahun ini.

“Musim Hujan pada tahun 2023/2024 umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan dengan biasanya. Curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 pada umumnya diprediksi akan normal dibandingkan biasanya,” ujarnya dilansir dari laman resmi BMKG.

Berdasar prediksi BMKG, Angin Timuran diprediksi masih tetap aktif hingga November 2023, utamanya di Indonesia bagian Selatan.

Sementara itu, Angin Baratan diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya.

Dalam laporannya, sudah ada beberapa daerah Indonesia yang memasuki musim hujan

Yaitu sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Musim hujan diperkirakan selanjutnya akan terjadi di Sumatera bagian tengah dan selatan lalu secara hampir berurutan diikuti oleh Kalimantan, Jawa.

Kemudian secara bertahap akan mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada periode Maret hingga April 2024.

Sementara periode puncak musim hujan sendiri diprediksi umumnya terjadi di Januari dan Februari 2024.

“Meskipun demikian ada beberapa daerah yang diprediksi mengalami curah hujan yang lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan biasanya,” imbuhnya.

Dwikorita menghimbau kepada kementerian/lembaga, pemerintah daerah, institusi terkait, dan seluruh masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim hujan.

Pemerintah Daerah diharapkan dapat lebih optimal dalam mengedukasi masyarakat tentang cara menghadapi risiko bencana yang mungkin terjadi selama musim hujan.

“Kami berharap informasi Prakiraan Musim Hujan 2023/2024 ini dapat dijadikan sebagai acuan pemerintah daerah dan sektor terkait untuk menyusun rencana Aksi Dini (Early Action), dalam rangka menekan kerugian yang dapat ditimbulkan adanya bencana hidro-meteorologi,” ujarnya.

Buat Anda yang sedang mencari info soal awal musim hujan, itulah tadi informasinya langsung dari laman resmi BMKG. (PJ02)

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru