Senin, 5 Juni 2023
26 C
Semarang

Mahasiswa USM Beri Pelatihan Public Speaking di SMA Kesatrian 2 Semarang 

Berita Terkait

PORTAL JATENG — Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Semarang (USM) mengadakan pelatihan Publik Speaking sebagai upaya memberikan bekal kemampuan berbicara bagi pelajar di SMA Kesatrian 2 Kota Semarang. Kegiatan tersebut merupakan tugas pengabdian kepada masyarakat (PkM),Rabu (10/5/2023).

Tim pengabdian ini dipimpin Dea Nursewa tersebut beranggotakan, Sri Hartati, Anggi Arji Hapsari, Ignas Aditya, Rahman Faishal, Daniel Niko, Athalla Alifrafi, Faisal Hery dan Rovino Adrian. Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri dari salah satu presenter stasiun televisi yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman di bidang public speaking. 

Dengan mendatangkan pembicara dari Presenter berita dari salah satu televisi yaitu Dewi Rizqina. Membagi ilmu dan pengalamannya mengenai public speaking. Sebelum acara dimulai para siswa diminta untuk mengerjakan pre test untuk mengetahui sampai dimana mereka mengetahui tentang public speaking dan diakhir pemberian materi juga ada post test.

Hasilnya pun para siswa benar-benar memperhatikan pembicara karena hasil testnya berpoin baik. Para siswa sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan Pelatihan ini. 

Kegiatan pengabdian ini merupakan wujud dari perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan cinta, kasih sayang dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dea Nursewa mengungkapkan “ PkM bertujuan untuk memberikan bekal atau wawasan tambahan tentang pentingnya belajar Publik Speaking bagi  pelajar SMA 2 Kesatrian Kota Semarang”.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kami sebagai mahasiswa yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, dan juga memberikan soft skill kepada pelajar SMA 2 Kesatrian Semarang agar lebih tahu bagaimana publik speaking yang benar,” tambahnya.

Disisi lain, Sunarno selaku Kepala sekolah SMA Kesatrian 2 Semarang  juga mengungkapkan dengan adanya pelatihan ini Membekali anak anak untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum.

“Harapan saya anak anak SMA kesatrian 2 bisa memiliki kemampuan tersebut sehingga kelak dikemudian hari sebagai Mahasiswa bisa berperan aktif dalam kegiatan mahasiswa.  Kemudian ketika berkerja terjun di dunia masyarakat anak anak bisa mengaktualisasikan diri,bisa menyampaikan ide idenya kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Defani Rahmadani Siswa Kesatrian 2 Semarang mengatakan sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. “saya lebih bisa memahami bagaimana cara publik speaking yang baik dan mengerti apa itu public speaking, public speaker, mc, presenter serta yang lainnya,” ucapnya

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru