Minggu, 21 Juli 2024
33 C
Semarang

1000 Perempuan Meriahkan Kongres Perempuan Nasional 2023 di Semarang

Berita Terkait

PORTAL JATENG.ID – Kongres Perempuan Nasional 2023 segera berlangsung di Kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, 24-26 Agustus 2023. Sekitar 1000 perempuan dari berbagai daerah akan berkonsolidasi merundingkan dan mencari solusi segala permasalahan perempuan Indonesia di berbagai sektor.

Diagendakan, Kongres Perempuan Nasional bertema: “Demokrasi dan Kepemimpinan Perempuan Menuju Satu Abad Indonesia” ini, akan dihadiri banyak tokoh. Antara lain, ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bilntang Puspayoga serta DPD RI Ratu Hemas.

Akan hadir pula Hevearita Gunaryanti Rahayu (Walikota Semarang), Hasyim Asy’ari (Ketua KPU Pusat), Lolly Suhenty ( BAWASLU RI), Siti Atikoh Supriyanti (Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jawa Tengah), Lestari Moerdijat (Wakil Ketua MPR RI), Andy Yentriyani (Ketua Komnas Perempuan), Mieke Verawati Tangka (Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia), Fatimah Asri Mutmainnah (Anggota Komisi Nasional Disabilitas) dan Evri Rizqi Monarshi (Komisi Penyiaran Indonesia Pusat).

Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah Nawal Nur Arafah yang sekaligus ketua umum Kongres Perempuan Nasional, mengungkapkan pentingnya Kongres Perempuan Nasional 2023.

“Tahun 2024, pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu serentak, baik pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif nasional, kepala daerah dan anggota legislatif daerah. Momentum ini harus digunakan untuk mempromosikan pentingnya visi dan agenda pembangunan pasca satu abad Indonesia merdeka serta kepemimpinan nasional dan daerah, yang memiliki komitmen mengakhiri ketidakadilan gender di Indonesia. Perempuan dituntut kembali berjuang untuk pemenuhan hak-haknya,” ungkap Nawal kepada wartawan dalam Media Gathering di Hotel Noormans Semarang, Senin (21/8/2023).

“Maka Kongres Perempuan Nasional sangat penting dan mendesak dilakukan, untuk mengkonsolidasikan suara dan agenda bersama gerakan perempuan di berbagai sektor, untuk memperkuat pelaksanaan janji konstitusi dalam visi pembangunan pasca satu abad Indonesia merdeka,” tandas Nawal.

iniPada hari pertama, Kongres Perempuan Nasional 2023 akan dibuka dengan seminar nasional dengan 3 bahasan utama, yaitu: 1. Perempuan dalam Tata Kelola Pemerintahan, 2. Perempuan dalam Kebudayaan, 3. Perempuan dalam Upaya Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan yang Berkelanjutan.

Selanjutnya, peserta akan dibagi ke dalam 5 tema utama, yaitu:

Komisi I membahas Peluang dan Tantangan Kepemimpinan Perempuan dalam Tata Kelola Pemerintahan.

Komisi II membahas Peluang dan Tantangan Kepemimpinan Perempuan dalam mendorong dan memperkuat Ketahanan Pangan.

Komisi III membahas Peluang dan Tantangan Kepemimpinan Perempuan untuk mewujudkan Kebijakan Adil gender dan Anti Kekerasan tehadap Perempuan.

Komisi IV Peluang dan Tantangan Perempuan dalam mewujudkan Energi Bersih serta Responsif pada isu Lingkungan.Komisi V Peluang dan Tantangan Perempuan dalam mewujudkan Kebudayaan dan Media yang ramah perempuan.

“Di hari terakhir, rekomendasi hasil kongres akan diserahkan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani pada 26 Agustus 2023. Selanjutnya Ketua DPR RI akan menyampaikan pidato ilmiah Tema “Demokrasi dan Kepemimpinan Perempuan dalam Mewujudkan Indonesia Emas”, sekaligus menutup rangkaian acara Kongres Perempuan Nasional,” tutup Nawal Nur Arafah.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru