Senin, 27 Mei 2024
32 C
Semarang

Puluhan Ibu Rumah Tangga di Rembang Belajar Ecoprint

Berita Terkait

REMBANG – Sebanyak 55 ibu rumah tangga di Kecamatan Sale mengikuti pelatihan batik ecoprint di TPQ Da’watul Khoir Sale, Senin (27/11/2023).

Kabid Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang, Endang Hersus Dadikawati menyampaikan, pelatihan digelar sebagai upaya ketahanan ekonomi keluarga. Terlebih, ecoprint peluang pasarnya masih besar. Selain itu, dari segi bahan baku, juga tidak perlu mengeluarkan modal besar.

“Pembuatannya cukup mudah dan bahannya juga sebagian gratis. Ada daun jambu, daun pepaya, daun jati di sini juga banyak, sementara kain putih murah,” jelas Hersus, sapaan akrabnya.

Hersus berharap, peserta pelatihan dapat menindaklanjutinya dengan serius. Salah satunya, bisa membuka usaha ecoprint baik secara pribadi ataupun kelompok. Sebab menurutnya, untuk memulai usaha, sekarang ini lebih mudah. Pasalnya, banyak perbankan yang menawarkan program kredit usaha dengan bunga ringan.

Peserta pelatihan ecoprint Utami mengaku, sebagian besar peserta baru pertama kali mengetahui tentang ecoprint. Mereka rata-rata punya harapan, suatu saat bisa membuka usaha ecoprint untuk menambah pendapatan keluarga.

“Ecoprint ini bisa jadi sampingan untuk usaha rumah tangga. Tadi ada yang sempat bilang, kalau mudah cara pembuatannya, bisa membuat bareng-bareng berkelompok, kita latihan di rumah sendiri. Kalau hasilnya memuaskan, nantinya bisa berharap menjadi usaha bareng-bareng,” ungkapnya.

Dari segi pembuatan, Utami menuturkan, cukup mudah memahami cara pembuatan ecoprint. Dari mulai teori dan praktik tidak begitu sulit untuk dilakukan, tinggal mengasah feeling menyusun daun dan memainkan warnanya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru