Jumat, 1 Desember 2023
26 C
Semarang

BPBD DKI Jakarta Cata Ada 24 RT Masih Terendam Banjir, Ketinggian Capai 170 Centimeter

Berita Terkait

JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 24 RT masih terendam banjir. Ketinggian air di tiap titik beragam, dimana paling tinggi 170 centimeter.

Data tersebut merupakan data terbaru hari ini Jumat (1/12/2023) pukul 08.00 WIB. Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur menjadi wilayah yang memiliki titik banjir terbanyak dengan 10 RT.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan banjir disebabkan hujan yang mengguyur dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Ibu Kota pada Kamis (30/11) dan Jumat (1/12).

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 25 RT saat ini menjadi 24 RT atau 0,078% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” ujar Isnawa Adji dalam keterangannya.

Selain itu, Isnawa menjelaskan hujan lebat juga mengakibatkan beberapa pintu air di wilayah Jakarta berstatus Siaga 3 atau Waspada dan Pintu Air Sunter Hulu berstatus Siaga 2.

Untuk mengantisipasi banjir, lanjut Isnawa, pihak BPBD DKI Jakarta telah menyiagakan personel untuk memonitor perkembangannya dengan berkoordinasi bersama unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat.

“(Sinergi ini) untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” tuturnya.

Berikut data wilayah yang terdampak luapan banjir, sebagai berikut:

Jakarta Timur terdapat 24 RT yang terdiri dari:

Kel. Bidara Cina
Jumlah: 2 RT
Ketinggian: 80 cm
Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kel. Kampung Melayu
Jumlah: 10 RT
Ketinggian: 30 s.d. 150 cm
Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kel. Cawang
Jumlah: 7 RT
Ketinggian: 30 s.d. 170 cm
Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kel. Cililitan
Jumlah: 5 RT
Ketinggian: 100 s.d. 120 cm
Penyebab: Luapan Kali Ciliwung.*

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru