Rabu, 6 Desember 2023
30 C
Semarang

Hadapi Libur Nataru, KAI Lakukan Pengecekan Kesiapan di Sejumlah Stasiun

Berita Terkait

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama stakeholder perkeretaapian melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa turun langsung melakukan pengecekan dalam persiapan liburan natal dan tahun baru (Nataru). Inspeksi itu dilakukan mulai Selasa (5/12) sampai Kamis (7/12).

“Angkutan Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu peak season perjalanan kereta api. Pengecekan ini kami lakukan untuk memastikan perjalanan kereta api di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru nanti berjalan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi perseroan, Rabu (6/12/2023).

Inspeksi yang dilakukan mencakup aspek keselamatan dan pelayanan. PT KAI mengecek kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya dalam kondisi prima.

Perjalanan inspeksi tersebut dibagi menjadi dua perjalanan, yaitu lintas utara dan selatan Pulau Jawa. Inspeksi lintas utara Pulau Jawa dimulai dari Stasiun Gambir menuju Cirebon, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Ketapang, hingga Surabaya Gubeng.

Sementara untuk jalur selatan, perjalanan dimulai dari Stasiun Gambir, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, hingga Surabaya Gubeng.

Dalam inspeksi tersebut juga dilakukan identifikasi titik-titik rawan yang harus dijaga ekstra, mengingat angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini bertepatan dengan datangnya musim hujan.

Dikatakan KAI, pihaknya mengantisipasi adanya 243 titik rawan yang terdiri dari rawan banjir, longsor, dan amblesan.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru