Sabtu, 9 Desember 2023
27 C
Semarang

Program TJSL Pertamina Masuk Finalis Platts Global Energy Awards di New York

Berita Terkait

NEW YORK – Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga menjadi salah satu finalis dalam Platts Global Energy Awards 2023 pada kategori ’Corporate Impact – Comprehensive Portofolio’, pada Kamis malam waktu setempat (7/12) di Cipriani Wall Street, New York, Amerika Serikat. Hal itu berkat komitmen dari Pertamina untuk dapat menghadirkan kebermanfaatan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Manager CSR & SMEPP PT Pertamina Patra Niaga, Sri Nur Hidayati (Nur) hadir pada malam penganugerahaan mengungkapkan, pihaknya bersaing dengan berbagai perusahaan terbaik di sektor energi dari berbagai negara dengan mengangkat cerita kebermanfaatan yang telah diciptakan kepada masyarakat dan lingkungan di sekitar DPPU Adi Sumarmo.

”Sejumlah program TJSL unggulan yang kami sampaikan di antaranya program Tanjungsari Agroculture yang memberdayakan kelompok rentan perempuan di Desa Tanjungsari berupa pertanian hidroponik dengan memanfaatkan lahan kosong yang sebelumnya tidak teroptimalkan. Dari pertanian tersebut kelompok masyarakat mampu mendorong adanya sedekah sayur yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar lingkungannya, khususnya pada saat pandemi Covid-19,” tuturnya.

Selain itu, tambah Nur, program lainnya yang juga unggulan adalah program SRIWEDARI (Sobokerto Mandiri, Waduk Cengklik Lestari).

”Program ini berhasil menanggulangi pencemaran lingkungan di Waduk Cengklik yang disebabkan pertumbuhan eceng gondok yang bisa berdampak lebih jauh kepada kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Tidak hanya itu, masyarakat juga berhasil mengolah eceng gondok yang dikumpulkan menjadi energi alternatif berupa biogas untuk memasak dan juga sebagai pupuk organik untuk pertanian,” pungkas Nur.

Ia mengatakan, DPPU Adi Sumarmo sendiri merupakan salah satu lokasi operasi dari Pertamina Patra Niaga yang telah memperoleh prestasi tertinggi di level nasional pada ajang PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup.

”DPPU Adi Sumarmo telah memperoleh PROPER Emas di tahun 2022 sebagai capaian tertinggi pada ajang tersebut berkat pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang terbaik,” imbuh Nur.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho hadir pada kesempatan yang sama menambahkan pihaknya telah memperoleh 6 penghargaan internasional dan sejumlah penghargaan nasional di sepanjang tahun 2023 dari program TJSL yang dijalankan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

”Di antaranya pada ajang Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) di Kamboja untuk program TJSL Fuel Terminal Rewulu; Global CSR & ESG Award di Vietnam untuk 4 program TJSL dari Fuel Terminal Rewulu, Fuel Terminal Boyolali, Integrated Terminal Semarang, dan DPPU Achmad Yani; dan terakhir Global Corporate Sustainability Awards di Taiwan untuk program TJSL DPPU Adi Sumarmo,” kata Brasto.

Menurutnya setiap apresiasi dan penghargaan yang diperoleh Pertamina tidak hanya disematkan kepada perusahaan, tapi juga bagi masyarakat dan setiap pihak yang terlibat dalam keberhasilan program TJSL yang dialankan.

”Tidak lupa kami sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak yang terlibat, terkhusus bagi masyarakat binaan yang telah menunjukkan perubahan positif dari setiap program yang kami jalankan,” tutup Brasto.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru