Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Semarang

5 Dahsyatnya Manfaat Makan Bayam Bagi Kesehatan, Nomor 4 Jarangan Diketahui

Berita Terkait

PORTAL JATENG – Bayam atau Spinacia oleracea merupakan jenis sayuran hijau yang bisa ditemukan di berbagai negara, temasuk Indonesia. Tanaman yang sering diolah menjadi sayur bening ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat ini didapat karena bayam mengandung vitamin A, C, K1, asam folat, besi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Bayam juga mengandung beberapa vitaimin dan mineral lain seperti potasium, magnesium, serta vitamin B6, B9 dan E.

Seperti dilansir dari laman WebMD dari PMJ News, Rabu (13/12/2023), berikut sederet manfaat mengonsumsi bayam setiap hari:

  1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Mengonsumsi bayam merupakan cara lain untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, selain minum. Bayam adalah sayuran yang hampir seluruhnya mengandung air. Tambahkan ke menu makanan dan camilan Anda sepanjang hari untuk mendapatkan H2O tambahan.

  1. Mencegah Osteoporosis

Bayam mengandung kalsium, mangan, dan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Tubuh Anda selalu membuang dan membangun kembali jaringan tulang. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium, peluang untuk terkena osteoporosis akan lebih tinggi.

  1. Membantu Perkembangan

Bayi Ada banyak folat dalam bayam. Vitamin ini mencegah cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida pada bayi. Itu sebabnya dokter kerap meminta ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen asam folat.

Anda juga mendapatkan vitamin B6 dari bayam, yang penting untuk perkembangan otak bayi di dalam rahim dan setelah lahir.

  1. Membatasi Nafsu Makan

Studi menunjukkan ekstrak tilakoid dari tanaman seperti bayam dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini terjadi karena senyawa itu menurunkan kadar hormon kelaparan dan meningkatkan hormon yang membuat merasa kenyang.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh Bayam memiliki mineral dan vitamin seperti vitamin E dan magnesium yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan ini dapat membuat tubuh aman dari virus dan bakteri penyebab penyakit.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru