Kamis, 30 Mei 2024
29 C
Semarang

297 Jurnalis Jateng & DIY Ikuti Kompetisi AJP

Berita Terkait

Portal Jateng.ID, Semarang – Setiap tahun PT Pertamina menggelar ajang penghargaan untuk para jurnalis bertajuk “Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP)”. Pada tahun ini, AJP 2023 bertemakan “Energizing the Nation”, dan total 297 peserta dari provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti perlombaan AJP 2023 ini.

Pada malam puncak penganugerahan AJP 2023, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada awak media yang telah mempublikasikan kegiatan yang dilakukan oleh Pertamina baik dari hulu hingga ke hilir.

“Media merupakan jendela bagi Pertamina untuk melihat keluar ataupun bagi global melihat Pertamina. Oleh karena itu, ayo kita bersama-sama mengedukasi masyarakat terkait program-program Pertamina. Harapan kami bila peserta tahun lalu (2022) sekitar 2.400 peserta, tahun ini (2023) 2.559, tahun depan akan terus ditingkatkan menjadi lebih banyak lagi,” ujar Nicke.

Ketua Dewan Pers sekaligus Ketua Juri AJP 2023, Ninik Rahayu memberikan apresiasi tinggi kepada PT Pertamina yang telah memberikan apresiasi dan penghargaan untuk karya insan pers di ajang AJP yang digelar setiap tahun.

“Ini ajang kolaborasi sebagai sinergi antara Pertamina dan pers tentang keterbukaan terhadap informasi mengenai energi di Indonesia. Pertamina bukan hanya merangkul jurnalis tingkat nasional tapi juga jurnalis di tingkat lokal. Sehingga jarak bukan menjadi penghalang untuk terus memberikan karya jurnalistik bagi masyarakat,” ujar Ninik.

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary PT Pertamina, Brahmantya S. Poerwardi mengatakan, tahun ini jumlah peserta mencapai 2.559 jurnalis yang mendaftar.

“Anugerah Jurnalistik Pertamina ini kami nilai dari 10 teritori dan ada 6 kategori yang diperlombakan. Peniingkatan dari nalar, naluri, dan kode etik penulisan karya dari para jurnalis sama-sama dapat dinikmati hasilnya dari para karya ini. Penghargaan luar biasa atas kerja sama yang baik antara Pertamina dan media yang menyiarkan transisi energi yang dilakukan oleh Pertamina,” tutur Brahmantya.

Karya jurnalistik yang diterima untuk Provinsi Jateng dan DIY yang merupakan teritori 5 sebanyak 297 karya. Terdapat 6 kategori untuk AJP 2023 yaitu kategori media cetak, media online, media TV, media radio, essay foto, serta publikasii CSR/UMKM. Karya yang dilombakan merupakan publikasi oleh jurnalis sejak 11 November 2022 hingga 5 November 2023.

Juri lokal penentuan juara 1, 2, 3, dan potensial untuk wilayah teritori adalah 2 perwakilan juri teritorial dan 1 juri nasional. Untuk juri teritorial terdiri dari Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya dan PIC Teritori 5 dari pihak Pertamina Patra Niaga yaitu Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility, Brasto Galih Nugroho. Sedangkan untuk perwakilan juri nasional adalah Maman Suherman, senior jurnalis serta penulis.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang AJP 2023 khususnya teritori 5. Tetap semangat menyebarkan kebaikan Pertamina secara keseluruhan kepada masyarakat,” tutup Brasto Galih Nugroho, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru