Sabtu, 25 Mei 2024
33 C
Semarang

DEM Kota Semarang Gelar Dialog Publik Kedaulatan Energi dalam Mendukung Pemilu Damai 2024

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID – Dalam rangka memasuki masa pemilihan Presiden 2024, Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Kota Semarang menggelar kegiatan Dialog Publik Kedaulatan Energi dengan tema “Peran DEM Semarang Dalam Mendukung Pemilu Damai 2024 Dan Meneropong Visi Misi Calon Pemimpin Negeri Guna Mewujudkan Kedaulatan Energi Nasional.” Acara ini diadakan pada Jumat, 19 Januari 2024, dimulai pukul 14.30 WIB di Burjo Boim Banaran, Semarang.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh jajaran mahasiswa untuk membahas secara kritis visi dan misi dari ketiga calon Presiden terkait dengan isu kedaulatan energi. Dalam suasana yang penuh semangat dan konstruktif, peserta akan diajak untuk menggali pemahaman mendalam terhadap konsep kedaulatan energi nasional.

Pemantik acara ini adalah Dede Indraswara, Presiden DEM Semarang, yang memiliki harapan besar terkait peningkatan partisipasi publik terhadap isu kedaulatan energi. Menurutnya, acara ini diharapkan mampu memberikan gambaran jelas mengenai sejauh mana ketiga calon Presiden memiliki fokus terhadap isu ini.

Acara akan dipandu oleh Abdullah Sholah Syahadah, Menteri Research and Development DEM Semarang, sebagai moderator. Sementara itu, panelis yang akan memberikan tanggapan terhadap visi dan misi calon Presiden terkait kedaulatan energi antara lain Bahrudin Wahyu Aji Dwi Sajiwo (Presiden Mahasiswa Terpilih UNNES 2024), Farid Darmawan (Presiden Mahasiswa Terpilih UNDIP 2024), Zufar Arsyad Zaman (KAMMI Daerah Semarang), Burhannudin Robbany (Ketua Umum PC IMM Kota Semarang), Muhammad Afiq Nur (Ketua Komisariat PMII Al-Gahzali), dan Aliyanta Bintang (Presiden BEM FH Terpilih UNNES 2024).

Selain itu, acara ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh dan organisasi, seperti Ketua BEM Se-Semarang, Lembaga Pers Mahasiswa Se-Semarang, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, serta seluruh elemen mahasiswa.

Dede Indraswara berharap partisipasi sekitar 200 orang peserta dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menggalang dukungan untuk pemilu damai 2024 serta meningkatkan kesadaran publik terhadap pentingnya kedaulatan energi. 

Salah satu isu energi yang diangkat adalah Transportasi Berkelanjutan dari ke-3 Capres-Cawapres 2024 ini ada beberapa alternatif yang diberikan oleh masing-masing paslon

  1. Anies-Muhaimin 
  1. Mewujudkan transportasi berkelanjutan melalui mobilitas rendah emisi
  2. Meningkatkan elektrifikasi angkutan umum perkotaan
  3. Mendukung mobilitas aktif melalui Pembangunan trotoar dan jalur sepeda
  4. Prabowo-Gibran
  1. Memperluas konversi BBM kepada gas dan Listrik untuk kendaraan bermotor
  2. Menyediakan transportasi public murah bagi pekerja dan rakyat tidak mampu
  3. Mensinergikan Pembangunan jaringan transportasi (darat, laut, dan udara)
  4. Ganjar-Mahfud
  1. Mengakselerasi transportasi ramah lingkungan
  2. Percepatan Pembangunan infrastruktur pendukung transportasi ramah lingkungan
  3. Mengembangkan industry terkait transportasi ramah lingkungan didalam negeri

Melalui isu transportasi berkelanjutan tersebut, membuka ruangi diskusi yang menarik sehingga saling tanggap dan sanggah antar realisasi yang sekiranya apakah dapat diakomodir ketika terpilih. sembari berdiskusi DEM Semarang juga menawarkan platform yang inklusif untuk pemuda dan pemudi Semarang dalam membahas isu-isu krusial yang akan memengaruhi masa depan negeri di bidang kedaulatan energi.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru