Senin, 27 Mei 2024
32 C
Semarang

Intensitas Hujan di Jateng Meninggi, Heri Pudyatmoko Ingatkan Wilayah Kedu Siaga Bencana Hidrometeorologi

Berita Terkait

Portal Jateng – Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko mengingatkan pemerintah dan masyarakat di wilayah Kedu untuk melakukan siaga bencana hidrometeorologi. Hal ini berkaitan dengan curah hujan yang meninggi di wilayah Jateng.

Sebagaimana diketahui, sejak awal Februari 2024, daerah-daerah seperti Kabupaten Demak, Kudus dan Grobogan sudah terdampak banjir akibat tanggul jebol. Menurut Heri, peristiwa ini harus meningkatkan kesiagaan di wilayah lainnya di Jateng.

“Khususnya di wilayah Kedu yang memiliki ciri geografis pegunungan dan rawan terhadap bencana longsor akibat intensitas hujan yang terus meninggi,” ungkapnya.

Adapun wilayah Kedu yang Heri maksud yaitu meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Wonosobo.

Oleh sebab itu, Heri meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah-wilayah tersebut untuk meningkatkan pengawasan dan melakukan siaga bencana.

“Koordinasi antara BPBD dan pemerintah harus dilakukan dengan baik, untuk memantau situasi di lapangan dan dapat mempersiapkan tindakan secepat dan sebaik mungkin bila terjadi marabahaya,” tuturnya.

Heri juga meminta kepada masyarakat untuk selalu melapor dan turut aktif dalam mengawasi keadaan di lapangan.

“Kerja sama dari masyarakat juga sangat penting. Jadi apabila diketaui ada tanda-tanda atau peristiwa terjadinya bencana, masyarakat bisa secepat mungkin melapor ke BPBD terkait, sehingga bantuan bisa segera diturunkan,” pungkasnya. [Adv-Portal Jateng]

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru