Jumat, 24 Mei 2024
33 C
Semarang

Jelang Ramadhan, Permintaan Bensin dan LPG di Jawa Tengah Diperkirakan Naik 9 Persen

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID, Semarang ― Menjelang Ramadhan pada periode Jumat-Minggu, 8-10 Maret 2024, konsumsi BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY diprediksi akan naik antara 4-5 persen dibanding hari normal. Perkiraan prosentase tersebut berdasarkan kenaikan yang terjadi pada masa menjelang Ramadhan tahun lalu.

Area Manager Com, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho menjelaskan, kenaikan konsumsi tertinggi terjadi pada produk LPG dan produk BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series), yang diprediksi akan naik hingga 9% jelang bulan suci ramadhan, bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2024.

“Peningkatan konsumsi tersebut didorong oleh meningkatnya aktivitas masyarakat di Jawa Tengah dan DIY menjelang Ramadhan, seperti kegiatan dugderan, nyadran dan kegiatan berkumpul lainnya,” terang Brasto melalui siaran pers Jumat (8/3/24) di Semarang.

Selama periode jelang Ramadhan, tren konsumsi LPG di wilayah Jawa Tengah yang diperkirakan mengalami peningkatan cukup tinggi, yaitu Kota Salatiga, Kab Batang dan Kab Grobogan. Adapun untuk wilayah DIY, yaitu Kab Sleman, Kota Yogyakarta dan Kab Kulon progo.

Maka untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi menjelang Ramadhan, Pertamina memastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Provinsi Jawa Tengah dan DIY, terpenuhi dan aman.

“Saat ini ketahanan stok untuk Solar di angka 13,4 hari, Pertalite 8,9 hari, seluruh BBM non subsidi di angka 10 -51 hari, LPG 5 hari dan Avtur 35,4 hari. Angka tersebut merupakan angka yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ungkap Brasto.

Untuk menjamin kelancaran distribusi BBM, Pertamina Patra Niaga juga memastikan kehandalan operasional dimulai dari terminal, mobil tangki hingga SPBU dan SPBE.

Terkait adanya libur Hari Suci Nyepi di hari pertama bulan ramadhan yaitu di hari Senin(11/3), apabila konsumen ingin memesan BBM nonsubsidi dan Bright Gas, konsumen dapat dimudahkan dengan menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135.

“Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen LPG terdekat kami,“ ungkap Brasto.

Brasto menambahkan, Pertamina Patra Niaga juga berbagi keceriaan bersama konsumen dengan menghadirkan MyPertamina Tebar Hadiah 2024.

Program tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi pelanggan setia Pertamax Series, Dex Series dan LPG Bright Gas yang transaksinya dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

“Tingkatkan transaksi anda dengan MyPertamina dan kumpulkan kupon undian pada periode 1 Maret hingga 31 Oktober 2024 dan menangkan paket haji Furoda hinggga BMW 320i, paket liburan dan ratusan hadiah lainnya,” tutup Brasto.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru