Jumat, 24 Mei 2024
28 C
Semarang

Cuaca Ekstrem dan Banjir, PLN Percepat Pemulihan Listrik

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID, Semarang – Cuaca ekstrem melanda beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta pada Selasa (12/3) dan Rabu (13/3) sejak siang. Turunnya hujan lebat disertai angin kencang, sehingga terpantau 8 kota / kabupaten terkena dampak cuaca ekstrem dan banjir.

Cuaca ekstrem tersebut memiliki dampak cukup berat seperti baliho dan pohon yang tumbang menimpa jaringan listrik di Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Banjarnegara serta Kota Semarang dan Salatiga, sehingga diperlukan evakuasi jaringan listrik dari material gangguan.

“Maka PLN bergerak cepat lakukan pengamanan kelistrikan dengan menghentikan sementara aliran listrik demi keselamatan pelanggan dan melakukan serangkaian percepatan pemulihan pasokan listrik,” terang General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng dan DIY, Mochamad Soffin Hadi.

Ratusan personelnya telah terjun langsung ke lapangan untuk melakukan percepatan pemulihan pasokan listrik.

“Ada sebanyak 40 penyulang kami yang menyalurkan listrik ke 530 ribu lebih pelanggan di 8 kota/kabupaten terdampak cuaca ekstrem ini. Per Rabu (13/03), kami berhasil memulihkan beberapa penyulang. Kami terus memantau kondisi cuaca dan kesiapan peralatan untuk memastikan pemulihan pasokan listrik dapat berjalan cepat, lancar dan aman,” ungkapnya.

Penyebab cuaca ekstrem, berdasarkan informasi dan pantauan BMKG wilayah Jawa Tengah, berpotensi mengalami dampak angin kencang sebagai akibat bibit siklon tropis 91S. Hampir 50% wilayah Jawa Bagian Tengah terdampak cuaca ekstrem ini.

“PLN berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan pasokan listrik di wilayah terdampak dengan terus berkoordinasi bersama stakeholders terkait seperti BPBD, Tim SAR, TNI/ POLRI dan Pemda setempat,” lanjut Sofri.

PLN juga mengimbau kepada masyarakat, apabila ada kondisi berbahaya seperti pohon yang roboh mengenai jaringan listrik PLN untuk tidak panik dan tetap tenang.

“Jangan langsung melakukan evakuasi/pemotongan pohon sendiri. Segera laporkan kejadian tersebut melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123. Informasi lain terkait kelistrikan juga dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile,” pungkas Sofri.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru