Rabu, 22 Mei 2024
33 C
Semarang

Jelang Idulfitri BI Jateng Siapkan Uang Layak Edar 26,6 Triliun

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID, Semarang -Menjelang Idulfitri, Bank Indonesia (BI) Wilayah Jawa Tengah menyiapkan Uang Layak Edar (ULE) sebesar Rp26,6 triliun melalui Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI).

Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra menjelaskan, khusus untuk Semarang dan sekitar, dipersiapkan sebesar Rp10,1 Triliun Uang Layak Edar (ULE).

“Layanan penukaran akan dibuka di 91 titik di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya mulai 25 Maret s.d 3 April 2024. Sementara pada 4 s.d 5 April 2024, Bank Indonesia akan menambah lokasi penukaran uang di jalur mudik Stasiun Kereta Api Tawang dan Poncol, melalui Program BI Peduli Mudik,” ungkap Rahmat.

Pada momen Ramadan ini, Bank Indonesia juga memperluas penggunaan QRIS untuk penerimaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui program Ramadan Manis Pakai QRIS dalam menyambut momen Ramadan.

“Kegiatan tersebut menyasar 9 Masjid Agung di 8 Kota/Kabupaten di Jawa Tengah bekerjasama dengan pengurus wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Tengah selama periode 11 Maret – 18 April 2024,” terang Rahmat.

Sementara itu untuk menjaga tingkat inflasi tetap terkendali,, menjelang Ramadan dan Idulfitri, KPw BI se-Wilayah Jawa Tengah dan Tim Pengendali Inflasi (TPID) melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak. Kegiatan ini merupakan hasil sinergi TPID Provinsi dengan TPID Kab/Kota Se Jawa Tengah melalui penyaluran subsidi beberapa komoditas prioritas seperti beras, gula pasir dan telur ayam ras.

GPM dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama dan kedua telah dilaksanakan pada 8 dan 15 Maret 2024, sementara tahap ketiga akan dilaksanakan pada 2 April 2024.

Rahmat menambahkan, ditengah momentum Ramadan dan Idulfitri kali ini, Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah senantiasa mengawal stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dalam berbagai program kerja unggulan.

Beberapa program yang akan dilakukan pada periode April 2024 antara lain Peringatan Hari Kartini 2024 bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rembang, UMKM Gayeng 2024 serta Central Java Investment Business Forum (CJIBF) 2024 yang bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah.

“Penguatan sinergitas dan koordinasi bersama Pemerintah Daerah terus dilakukan untuk mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi yang semakin solid,” kata Rahmat.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru