Kamis, 30 Mei 2024
27 C
Semarang

Sediakan WiFi Tiap Rumah, Pemdes Punjulharjo : Kampung Digital

Berita Terkait

REMBANG | PORTALJATENG.ID — Sebagai upaya mengikuti arus globalisasi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, Desa Punjulharjo telah meluncurkan inisiatif revolusioner, yaitu “Kampung Digital”.

Harapannya dalam proses transformasi ke kampung digital sampai di proses pemenuhan CCTV & megaphone di setiap perempatan. Hal ini punya tujuan supaya jika ada pengumuman dapat segera tersebar dan demi menjaga keamanan masyarakat desa Punjulharjo.

Tak hanya itu saja, pihak desa Punjulharjo juga hendak melakukan pemenuhan fasilitas digital, seperti wifi pada tiap rumah dan di beberapa tempat wisata yang ada di desa Punjulharjo. Program kampung digital ini mendapatkan respon positif dan negatif dari masyarakat dan lebih banyak respon dari masyarakat yang setuju dan baik.

“Pemenuhan fasilitas semua dananya dari Desa, untuk wifi kebutuhan masyarakat tetap dibayar. Responnya sangat baik karena mendapatkan manfaatnya dan terlihat mereka sangat antusias”, ujar Pak Mustofa selaku perwakilan Pihak Desa.

“Inisiatif ini muncul setelah kami melakukan identifikasi bersama mengenai kebutuhan masyarakat dan berinovasi untuk menjawab tantangan yang ada. Kami menyadari bahwa di era digital seperti saat ini, penting bagi kami untuk beradaptasi agar masyarakat kami tidak tertinggal,” tambah Mustofa.

Beberapa rumah dan tempat wisata maupun di balai desa sudah menerapkan digitalisasi. Namun, tetap saja hal ini tentu tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Proses pemenuhan fasilitas sebagai kampung digital di Desa Punjulharjo ini diperkirakan akan berjalan kurang lebih 5 tahun. Tentunya ini perlu dukungan dan kerja sama juga dari pihak desa dan masyarakat. (PJ5)

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru