Rabu, 27 September 2023
37 C
Semarang

BEI Edukasi 1000 ASN Kota Semarang Jadi Investor Saham

Berita Terkait

PORTAL JATENG.ID – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Phintraco Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia, serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), secara simbolis melakukan penandatanganan Pencanangan Literasi dan Inklusi Pasar Modal kepada 1.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Semarang pada Senin (25/9/2023) di Aruss Hotel Semarang. Kegiatan ini bertajuk “ASN Kota Semarang Sukses Jadi Investor Saham”

Penandatanganan dilakukan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Susi Haerawati, Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kepemerintahan Daerah OJK Kantor Regional 3 Jateng-DIY Tias Retnani, Direktur Keuangan dan SDM Bursa Efek Indonesia Risa Effenita Rustam, Kepala Cabang PT Trimegah Sekuritas Aloysius Primasyah Kristanto, Head of Business Development PT Phintraco Sekuritas Ivan Chandra Putra, Advisor PT BRI Danareksa Sekuritas Rendhy Bramantha Wisudana.

Direktur Keuangan dan SDM Bursa Efek Indonesia Risa Effenita Rustam menjelaskan, melalui program literasi pasar modal tersebut, diharapkan masyarakat Kota Semarang dapat lebih mengenal dan memanfaatkan pasar modal untuk meningkatkan kesejahteraan serta ketahanan ekonomi di daerahnya.

“Edukasi ini sekaligus merupakan bentuk komitmen BEI untuk memerangi investasi ilegal atau bodong, dan modus-modus penipuan investasi lainnya yang sangat marak terjadi belakangan ini,” ujar Risa.

Pada kesempatan yang sama, diresmikan pula 2 Galeri Investasi (GI) BEI baru di Kota Semarang, yaitu GI BEI STIE Anindyaguna dan GI Edukasi SMK Pelita Nusantara Semarang yang bermitra dengan PT Phintraco Sekuritas.

“Bertambahnya 2 Galeri Investasi ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang lebih mengenal dan memanfaatkan pasar modal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Risa.

Lebih lanjut Risa menjelaskan, per 20 September 2023, jumlah investor pasar modal secara nasional telah mencapai 11.688.632 Single Investor Identification (SID) dan jumlah investor saham sebesar 5.008.330 SID.

Di Jawa Tengah sendiri per Agustus 2023 tercatat ada 1,3 juta investor pasar modal dan 579 ribu investor saham. Semarang menjadi kota yang memiliki jumlah investor pasar modal yang paling tinggi di Jawa Tengah yaitu sebanyak 142 ribu investor pasar modal dan 89 ribu investor saham.

“Kami yakin jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan masifnya kegiatan edukasi yang kita lakukan bersama. Oleh karena itu, pada 10 Agustus 2023 lalu, Pasar Modal Indonesia meluncurkan Kampanye “Aku Investor Saham”, yang bertujuan untuk mendorong peningkatan jumlah investor sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang menikmati potensi pertumbuhan pasar modal Indonesia,” terang Risa.

“Melalui kampanye dan kegiatan edukasi ini, kami berharap peserta edukasi nantinya dapat mengatakan ”#1.000 ASN Kota Semarang Investor Saham”, menyusul gerakan sebelumnya untuk ASN di Jambi, Bandung, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu serta kota/kabupaten lainnya,” pungkas Risa.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru