Sabtu, 25 Mei 2024
28 C
Semarang

KPU RI Nilai Paslon Capres Tampil Lugas di Debat Perdana

Berita Terkait

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menilai pasangan calon presiden dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lugas dalam debat perdana Capres 2024.

“Kita mengikuti bersama pertanyaan-pertanyaan yang diajukan semuanya kan lugas oleh masing-masing calon presiden kepada calon presiden yang lain,” ungkap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, dilansir dari PMJ News Selasa (12/12/2023) malam.

“Demikian juga ketika menjawab, juga masing-masing calon presiden lugas menjawab sesuai dengan perspektifnya masing-masing ketika diajukan sejumlah pertanyaan,” tambahnya.

Lebih lanjut Hasyim menyampaikan, debat perdana berjalan sesuai enam segmen yang telah dibuat dan tidak ada settingan dalam debat tersebut.

“Segmen dua dan segmen tiga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang dikonseptualisasi oleh tim panelis. Kemudian untuk debat segmen empat dan lima itu adalah pertanyaan yang diajukan oleh calon presiden dan ditanggapi calon presiden sendiri-sendiri,” tuturnya.

“Sehingga dengan begitu orisinalitas pertanyaan juga menjadi orisinalitas masing-masing calon presiden yang tidak bisa disetting-setting, diprediksi akan tanya apa,” imbuhnya.

Kendati begitu, lanjut Hasyim, pihaknya tak dapat memastikan jika debat itu berjalan menarik atau tidak. Pasalnya, penilaian tersebut hanya dapat diberikan oleh masyarakat.

“Setidak-tidaknya KPU berikhtiar supaya suasana debat atau perdebatan antar calon presiden terhadap tema yang diusung pada debat pertama ini dikupas oleh masing-masing calon presiden, tentu sesuai dengan perspektif, data dan juga cara pandang masing-masing calon presiden,” tukasnya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru