Sabtu, 25 Mei 2024
28 C
Semarang

Terjun ke Karimunjawa, Tim KKN XVI Unisnu : Bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID — Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menerjunkan 13 mahasiswa di Desa Karimunjawa. Tujuannya, sebagai implementasi dari tri dhrama perguruan tinggi.

Hal tersebut, disampaikan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hamidaturrohmah, sewaktu opening ceremony Program Kuliah Kerja Nyata (KKN), di Aula Balai Desa Karimunjawa, Sabtu (20/1/24).

“Pentingnya pengalaman lapangan ini sebagai bagian integral dari pendidikan tinggi. Manfaat ini, akan baik bagi mahasiswa maupun masyarakat secara umum,” papar Hamidaturrohmah kepada redaksi.

Pada kesempatan yang sama, salah satu perangkat Pemerintah Kecamatan, Muslikhan menyampaikan, pentingnya peran mahasiswa dalam mendukung program pembangunan dimulai dari tingkat desa.

Supaya menyukseskan, pihaknya mengaku siap, memberikan dukungan penuh terhadap program KKN di Desa Karimunjawa. Baik material maupun non-material agar kegiatan dapat berjalan secara maksimal.

“Namun, yang perlu diperhatikan adalah cuaca. Tolong berhati-hati sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pastikan memantau alam selalu, jangan sampai lengah jika cuaca buruk melanda,” ujar Muslikhan.

Sementara itu, Koordinator Desa atau Kormades KKN XVI Unisnu Jepara, Eva Saifuddin mengatakan, senantiasa berupaya menghasilkan kegiatan yang efektif dan efisien, berlandaskan tri dharma perguruan tinggi.

“Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, kurang lebih seperti itu tugas perguruan tinggi dalam mencetak mahasiswanya,” pungkas Eva Saifuddin.

Sebagai informasi, menginjak penutupan acara, dilakukan penyerahan Surat Tugas oleh DPL kepada Pemerintah Desa (Pemdes), sebagai tanda resmi berlangsungnya program KKN di Karimunjawa. (PJ5)

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru