Selasa, 28 Mei 2024
32 C
Semarang

Gen Z Kota Semarang Berharap Pilpres Selesai Satu Putaran

Berita Terkait

SEMARANG – Sebanyak ratusan Gen Z berkumpul dalam acara Talkshow “Peran Gen Z Menuju Indonesia Maju” dan Konsolidasi Gen Z Kota Semarang untuk Pilpres Satu Putaran. Acara ini diselenggarakan oleh Bala Muda 08 yang bertempat di Borjuis, Jl. Kapten Piere Tendean, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ditemui di lokasi, Didik Armansyah, Ketua Umum Bala Muda 08 Jawa Tengah mengatakan, generasi muda selalu identik dengan pelopor munculnya segala kreativitas dan inovasi. Dalam Pemilu kali ini, Gen Z merupakan salah satu generasi yang memegang peranan penting dalam mewujudkan Indonesia maju dan Indonesia Emas 2045. Dibuktikan dengan suara Gen Z dan juga milenial mendominasi pemilih pemilu 2024 dengan persentase kurang lebih 56 persen atau sebanyak 113 juta pemilih.

“Besarnya jumlah pemilih muda turut menentukan nasib kemajuan bangsa ke depan,” ujar Didik.

Menurutnya pemerintahan presiden Joko Widodo telah terbukti berhasil dalam mensejahterakan rakyat Indonesia. Kepemimpinan ini teruji dalam berbagai kesempatan seperti keberhasilan mengatasi pandemic Covid-19 dan menguatnya ekonomi di Indonesia. 

Program Hilirisasi yang diterapkan Presiden Jokowi tidak hanya berdampak pada skala makro pendapatan nasional tapi juga bisa dirasakan oleh semua kalangan dalam bentuk turunannya seperti adanya lapangan kerja yg luas di ranah industri.

Program hilirisasi yang telah diterapkan oleh Presiden Jokowi ini, akan dilanjutkan oleh Prabowo-Gibran.

Maka dari itu, lanjut dia, Bala Muda 08 Jawa Tengah berkomitmen mengajak anak-anak muda di Jawa Tengah untuk berpartisipasi aktif dan mendukung Prabowo-Gibran menang satu putaran.

“Bagi bala muda 08, pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan paling serius untuk membawa indonesia lebih maju. Yang utama, pasangan Prabowo-Gibran berkomitmen melanjutkan program Pak Jokowi yang terbukti berhasil,” terangnya.

Hadirnya sosok Gibran sebagai calon wakil presiden (Cawapres) Prabowo, lanjut Didik, merupakan representasi kaum muda dalam panggung politik. Sebagai generasi yang memiliki banyak privilege, Gibran merupakan perwakilan kaum muda yang dapat menjadi aktor penting dalam menciptakan sebuah kebijakan yang hadir untuk kesejahteraan masyarakat secara luas.

“Gibran adalah gerbang pembuka keterlibatan anak muda maju menjadi pemimpin nasional. Ada sebanyak 56 persen jumlah pemilih milenial dan Gen Z di jawa tengah. Dari jumlah tersebut terdiri dari 33 persen pemilih milenial dan 23 persen pemilih Gen Z,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Reyhan Maulana selaku salah satu narasumber menyampaikan, bahwa fundamen arah bangsa yang sudah dibangun selama sepuluh tahun ini penting untuk dipastikan kelanjutanya.

“Bagaimana bisa kita bicara tentang Indonesia emas 2045, saat misalkan arah bangsa kita terus menerus berubah setiap lima tahunan bebarengan dengan pergantian pemangku kebijakan. Siapa yang berkomitmen meneruskan program-program Presiden Jokowi, itu yang kita pilih,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Pemilu 2024 nanti harus menjadi pesta demokrasi yang sejuk dan damai serta tidak diwarnai dengan usaha pemecah belah. Pemilu adalah wujud nyata dari semangat demokrasi yang harus tetap dijaga kesakralannya.

“Setiap orang mempunyai hak yang sama dalam demokrasi, dan sudah dijamin dalam konstitusi kita. Jadi janganlah kita memaksakan kehendak pada orang lain, apalagi dengan narasi yang dibumbui dengan kebencian,” pungkas Mahasiswa Fisip Unnes.

Setelahnya, acara dilanjutkan konsolidasi serta ditutup dengan deklarasi Gen Z Kota Semarang yang mana sepakat untuk mendukung Prabowo-Gibran menang satu putaran. Bala Muda 08 juga menyampaikan banyak harapan dari Gen Z Kota Semarang untuk Prabowo-Gibran apabila terpilih nantinya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru