Senin, 27 Mei 2024
30 C
Semarang

Amigo Semarang: Jatuh Bangun Bisnis Sablon dan Cetak Poster dengan Inovasi Produk Bertema Khusus

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID – Amigo Semarang, usaha sablon dan cetak poster yang dirintis oleh Lusia Indriani dan Nita Handayani pada tahun 2019, telah berhasil memperluas jangkauan usahanya ke seluruh wilayah Indonesia dengan omzet hingga jutaan rupiah.

Setiap bulan, banyak pelanggan Amigo dari berbagai daerah, seperti Semarang, Kalimantan, Sumatera, Jakarta, dan lainnya melakukan order sablon kaos, cetak stiker, cetak poster dan pernak-pernik lainnya.

Namun siapa sangka, usaha sablon dan cetak poster Amigo Semarang ini berjalan penuh liku, dengan tantangan luar biasa berat. Jatuh bangun dalam menjalani usaha pun langsung dirasakan oleh, Lusia Indriani dan Nita Handayani.

Lusia Indriani menceritakan, usaha yang baru saja didirikan pada bulan Desember 2019 langsung terpuruk imbas pandemi Covid-19. Aktivitas yang dibatasi jelas membuat pesanan usahanya itu sangat sedikit.

Meskipun demikian, Lusia Indriani bersama rekannya Nita Handayani mengaku, tetap optimis jika usahanya akan berjalan baik sesuai harapan. Dengan berbagai inovasi di tengah badai Covid-19, usahanya pun perlahan berhasil bangkit.

“Pada saat pandemi akhirnya mendapatkan banyak pesanan dari UMKM seperti label roti dan pesanan online,” kata Indri sapaannya, saat ditemui Minggu (11/2/2024) di workshop Amigo Semarang, di Jalan Moh. Suyudi No 38, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Ia menambahkan, Amigo Semarang juga memiliki tantangan dari banyaknya kompetitor lain, sehingga berbagai inovasi harus terus dilakukan. Kualitas sablon dan cetak posternya pun terus dijaga dengan baik, agar pelanggan tidak lari.

Indri menyampaikan, kini usahanya sudah menggeliat dan makin banyak pesanan. Pada momen tertentu permintaan meningkat signifikan, seperti pada saat masuk sekolah,Natal, Idul Fitri, Imlek, dan hari besar lainnya. Ini merupakan salah satu strateginya untuk menyediakan kebutuhan pasar akan gift bertema khusus.

“Strategi usaha terus dilakukan sesuai momentum dari hari besar, trend Korea dan banyak lagi. Dan kami terus menjaga kualitas terbaik untuk konsumen kami, jangan sampai kecewa. Kalau ada komplain, ada yang cacat, langsung kami ganti,” ungkapnya.

Seperti contohnya produk bertema Imlek ini sudah di rilis sejak Desember 2023 lalu. Dengan persiapan yang baik produk ini mendapatkan tanggapan yang baik dari para pelanggan khususnya amplop angpao dan t-shirt bernuansa Imlek.

Nita Handayani menambahkan, Amigo Semarang bermula dari kesukaan yang sama di bidang kreatif, sehingga selama menjalankan usahanya terasa ringan, meskipun mendapatkan berbagai tantangan.

“Amigo memiliki arti teman, sehingga bukan hanya bisnis, namun juga menjalin pertemanan yang baik. Ditambah pelanggan yang datang juga percaya karena sesama teman, yang punya hubungan baik,” jelasnya.

Ia menyampaikan, selama ini pemasaran Amigo Semarang lebih banyak dilakukan secara online. Maka tak heran jika 70 persen pesanan didominasi dari online, yang memesan melalui berbagai marketplace.

“Setiap bulan pengiriman mencapai lebih dari 50 paket. Amigo pun menggandeng perusahaan ekspedisi JNE yang sudah terpercaya,” tukasnya.

Menurutnya, Ia sengaja memilih pengiriman paket lewat JNE karena sudah paling lama, terpercaya dan bisa diandalkan. Selama ini tidak ada kendala barang hilang atau rusak. “Pelanggan pun puas dengan barang yang didapatkannya,” ungkapnya.

Kepala Cabang JNE Semarang, Wahyu Sangerti Alam mengatakan, sebagai bentuk apresiasi, jelang Imlek JNE Semarang memberikan angpao kejutan bagi pelanggan.

“Setiap pelanggan yang melakukan transaksi minimal Rp 100 ribu di sales counter JNE Kyai Saleh, berkesempatan untuk mengambil angpao keberuntungan. Angpao yang disediakan ini berisi bermacam-macam hadiah dari makanan khas Imlek, merchandise hingga salah satu produk special edition Imlek dari Amigo Semarang,” pungkasnya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru