Rabu, 22 Mei 2024
33 C
Semarang

Jamin Keselamatan Pemudik, Wakil Ketua DPRD Jateng Minta Ramp Chek Kendaraan Digencarkan

Berita Terkait

Portal Jateng – Menjelang masa mudik Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2024, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Heri Pudyatmoko meminta inspeksi keselamatan atau ramp chek kendaraan pengangkut pemudik digencarkan.

Heri meminta petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepolisian melakukan ramp chek secara intens dan masif menjelang momen mudik lebaran. Ramp chek penting untuk memastikan kendaraan angkutan umum memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

“Masa mudik lebaran tinggal beberapa hari lagi. Ramp chek kendaraan harus digencarkan, jangan sampai ada kendaraan yang tidak memenuhi syarat dan tidak laik jalan mengangkut penumpang untuk mudik,” ujar dia.

Inspeksi ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan mencegah kecelakaan. Ramp chek meliputi pemeriksaan administrasi, teknis, dan penunjang, termasuk dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan, dan lainnya.

Menurutnya, ramp chek bisa dilakukan di sejumlah lokasi seperti di terminal, di objek wisata, maupun titik-titik lainnya. Maka dia meminta Dinas Perhubungan dan kepolisian berkoordinasi untuk mengatur jadwal dan teknis pelaksanaan inspeksi keselamatan armada kendaraan tersebut.

“Ramp chek ini bertujuan memastikan kendaraan dalam kondisi yang aman dan nyaman, sehingga keselamatan pemudik terjamin dan masyarakat bisa merayakan lebaran bersama keluarganya,” ungkap Heri.

Lebih lanjut dia meningatkan seluruh warga Jawa Tengah untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan mudik kondisinya sehat dan baik. Heri juga berharap agar pemudik bisa selamat sampai tujuan dan dapat merayakan lebaran bersama keluarga.

Sementara Dishub Provinsi Jateng telah melakukan rump chek atau inspeksi keselamatan jalan terhadap ribuan kendaraan umum sepanjang awal tahun 2024. Dari 1.527 kendaraan umum yang diperiksa, ada 152 kendaraan yang terindikasi tidak laik.

“Itu (1.527) data sejak Januari sampai awal Maret di terminal wilayah kami. Dan 10 persennya (152) kita temukan masih ada kendaraan yang melanggar [tidak layak jalan],” ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub Jateng, Erry Derima Riyanto.

Menjelang arus mudik Hari Lebaran 2024, kegiatan ramp check bakal masif dilakukan. Adapun pengecekan dilakukan di Terminal A di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tipe B dibawah Dishub Jateng dan tipe C dibawah Dishub kabupaten/kota.

Tidak hanya melakukan ramp check di terminal, pihaknya juga akan melakukan patroli pengecekan secara langsung ke sejumlah tempat wisata. Pihak pengelola wisata juga bakal diimbau menyediakan tempat istirahat bagi kru bus pariwisata.

“Karena jangan sampai bus sudah dalam kondisi baik, tapi sopirnya malah kurang istirahat, kurang makan dan sebagainya. Karena ini (ramp check dan kesehatan kru) penting untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan,” tandas Erry. [Adv-Portal Jateng]

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru