Rabu, 22 Mei 2024
33 C
Semarang

Heri Pudyatmoko Tegaskan Pentingnya Akses Kesehatan untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan

Berita Terkait

Portal Jateng – Wakil Ketua DPRD Jawa tengah, Heri Pudyatmoko menegaskan bahwa akses kesehatan masyarakat menjadi salah satu kunci untuk permasalahan utama Indonesia, yakni kemiskinan dan kesenjangan.

Menurut Heri, untuk mewudukan capaian akses kesehatan yang merata, perlu komitmen yang kuat antara pemerintah, sektor swasta serta komunitas yang bergerak di masyarakat. Terutama dalam hal upaya menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat.

“Kesadaran akan akses kesehatan harus ditumbuhkan sejak dini. Karena kesahatan menjadi salah satu kunci untuk membawa usaha pembangunan berkelanjutan menjadi lebih mudah,” ungkap Heri.

“Percepatan penguatan dalam sistem kesehatan harus dijunjung bersama dan massif,” imbuhnya.

Heri mengatakan, salah satu penghambat lambatnya laju capaian kesehatan masyarakat ialah akibat biaya kesehatan yang mahal.

“Sampai hari ini, akses untuk mendapat kesehatan di negara kita adalah hal yang eksklusif dan tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah,” kata Heri.

Selain itu, lanjut Heri, akses kesehatan ke daerah-daerah juga masih terhalang infrastruktur. Hal ini berdampak pada pelayanan bagi masyarakat secara luas.

“Tidak semua wilayah di daerah-daerah dapat terjangkau oleh tim kesehatan, sehingga masyarakat harus menempuh waktu dan perjalanan yang cukup lama untuk bisa mengakses fasilitas kesehatan,” katanya.

Padahal menurut Heri, dengan akses kesehatan yang memadahi, dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kesehatan itu hal utama selain pendidikan. Jika aspek dasar ini dapat terpenuhi, pembangunan masyarakat akan lebih mudah,” katanya.

“Perlu sistem dan kebijakan yang lebih menjangkau hingga ke akar rumput untuk dapat mencapai pada kesejahteraan yang tanpa kesenjangan dan tanpa terkecuali,” pungkasnya. [Adv-Portal Jateng]

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru