Senin, 10 Juni 2024
33 C
Semarang

Pemilik Kendaraan Listrik Harus Punya Aplikasi Ini

Berita Terkait

JAKARTA – Trend menggunakan mobil listrik jadi gaya hidup baru masyarakat saat ini. Selain lebih efisien, fitur teknologi terkini hingga berbagai insentif dari pemerintah semakin menguntungkan pengguna kendaraan listrik.

Namun, tak lengkap rasanya bila pemilik kendaraan listrik saat ini tak memiliki aplikasi PLN Mobile. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memprovide semua kebutuhan listrik masyarakat, para pengguna kendaraan listrik bisa mendapatkan berbagai kemudahan dan efisiensi melalui transaksi di PLN Mobile.

PLN Mobile kali ini dilengkapi fitur Electric Vehichle Digital System (EVDS) yang memudahkan pengguna kendaraan listrik menemukan kebutuhannya. Melalui fitur ini, pelanggan juga dapat menggunakan layanan SKPLU yang disediakan oleh PLN, mengajukan pemasangan layanan home charging services, layanan test drive kendaraan listrik, marketplace untuk membeli kendaraan listrik.

Lewat PLN Mobile, para pengguna kendaraan listrik juga bisa mengatur rencana perjalanan jauh (Trip Planner). Fitur ini otomatis memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui sesuai rute perjalanan.

Para pelanggan juga bisa langsung memantau proses pengisian kendaraan listrik dalam genggamannya. Proses real time ini mampu mendukung aktivitas pelanggan tanpa harus khawatir proses pengisian daya pelanggan terganggu.

Simak langkah-langkah pengisian daya mobil listrik di SPKLU dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh melalui appstore maupun playstore;
  2. ⁠Pilih menu Electric Vehicle
  3. Pilih fitur SPKLU
  4. Kemudian akan muncul beberapa rekomendasi lokasi SPKLU terdekat. Silahkan Pilih SPKLU yang akan digunakan. Aplikasi ini juga menyediakan petunjuk arah ke lokasi SPKLU
  5. ⁠Jika sudah berada dilokasi SPKLU, klik “Charge” untuk memindai kode barcode yang ada pada SPKLU
  6. Pilih Tulis berapa daya yang akan diisi
  7. ⁠Lanjutkan ke pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih
  8. ⁠Apabila sudah membayar, maka masukan nozzle pengisian daya ke tempat pengisian daya baterai kendaraan lsitrik
  9. ⁠Proses pengisian daya akan dimulai setelah tahap sinkronisasi selesai.
  10. Pengisian daya akan otomatis selesai jika daya sudah terisi sesuai transaksi pembelian.
  11. ⁠Cabut kembali nozzle dan letakkan pada SPKLU.

Selain melakukan pengisian daya di SPKLU, pengguna kendaraan listrik juga dapat melakukan pengisian daya di rumah dengan layanan home charging services.

Pengajuan layanan home charging services dapat dilakukan di Aplikasi PLN Mobile dengan harga khusus untuk pasang baru dengan daya maksimal 13.200 VA, atau tambah daya listrik dengan daya maksimal 16.500 VA.

Dengan layanan home charging services ini, maka pengisian daya kendaraan listrik pada pukul 22.00 hingga 05.00 WIB akan mendapaikan diskon 30%. Informasi lengkap juga dapat dilihat di Aplikasi PLN Mobile.***

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru