Senin, 10 Juni 2024
33 C
Semarang

Jumlah Nasabah capai 2.500 investor, KB Valbury Sekuritas Semarang Buka Kantor Baru

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID, Semarang  – PT KB Valbury Sekuritas cabang Semarang meresmikan pembukaan kantor baru di Jl Gajahmada 23A Semarang. Kantor yang semula berlokasi di Candi Plaza Jl Sultan Agung Semarang dan telah beroperasi selama 19 tahun, kini dipindah ke lokasi baru.

Branch Manager PT KB Valbury Sekuritas cabang Semarang, Lenny Gunarso, dalam Grand Opening kantor baru, Jumat (7/6/2024) menjelaskan, pemindahan kantor tersebut dimaksudkan untuk memperlancar proses edukasi kepada para investor.

“Di kantor lama di Jl Sultan Agung, tidak memungkinkan untuk melakukan training atau even lain bagi nasabah, karena terbatasnya tempat. Sedangkan di lokasi baru ini tempatnya lebih bagus dan luas, sehingga memungkinkan dilaksanakannya  edukasi dan berbagai even bagi investor,” terang Lenny.

Karyawan PT KB Valbury Sekuritas cabang Semarang tengah menjelaskan penggunaan platform perdagangan online kepada calon investor saham.

Di Jl Sultan Agung, KB Valbury yang telah eksis selama 19 tahun ini mengalami perkembangan yang pesat. “Jumlah nasabah kami telah mencapai sekitar 2.500 investor. Bahkan dalam tahun ini jumlah investor berhasil tumbuh15%, dengan nilai transaksi rata-rata di atas Rp50 miliar perhari,,” ungkap Lenny.

Oleh karena itu untuk memaksimalkan layanan kepada para investor, khususnya dalam edukasi, terlebih karena banyaknya investor baru, pihaknya memindahkan kantor ke lokasi yang lebih baik.

Adapun tingginya pertumbuhan jumlah investor tersebut, terutama  berkat dukungan fasilitas platform online yang berhasil dikembangkan, sehingga bisa menjangkau nasabah dari berbagai kota bahkan sampai luar negeri.

“Memang, dibanding dahulu, pemahaman investor pemula sekarang sudah lebih bagus. Dahulu saham dianggap memiliki spekulasi tinggi, tetapi sekarang lebih bagus karena sudah lebih banyak edukasi, bisa memantau secara  online dan ada perlindungan dari bursa yang baik,” kata Lenny.

Dengan dibukanya kantor baru, Lenny berharap, edukasi pasar modal kepada warga Semarang dan sekitarnya bisa berjalan lebih baik, meski edukasi secara online selama ini juga sudah bagus.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Semarang, Fanny Rifqi menjelaskan, KB Valbury Semarang merupakan salah satu perusahaan Sekuritas terbesar di kota Semarang.

Menurutnya, Kantor Perwakilan BEI Semarang juga gencar melakukan edukasi saham kepada masyarakat di Semarang dan sekitarnya. Tahun lalu saja telah dilaksanakan 582 kali kegiatan edukasi saham, yang selalu bekerjasama dengan perusahaan sekuritas seperti KB Valbury Sekuritas.

Hasil dari gencarnya edukasi tersebut cukup sukses, dimana dalam tahun ini jumlah investor  saham di Kota Semarang hingga Mei 2024 mencapai 159 ribu investor atau naik 13% dibanding Mei 2O23.

 “Secara demografi, jumlah ivestor di Semarang didominasi segmen milenial dengan usia di bawah 30 tahun, yakni sekitar 60-70%. Sehingga, perlu edukasi secara masif kepada investor pemula yg baru masuk,” ungkap Fanny.

Di kota Semarang terdapat 20 perusahaan sekuritas. Mereka diawasi dua lembaga, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kantor Perwakilan BEI Semarang, yang  secara rutin mengaudit permodalan, SDM dan IT infrastruktur perdagangan mereka.

“Transaksi saham di Kota Semarang tahun ini tiap sekuritas bervariasi antara Rp300 miliar hingga Rp1,5 triliun per-sekuritas, atau naik 5-10% dibanding 2023,” ungkap Fanny.

Fanny menambahkan, hampir semua perusahaan sekuritas kini memiliki platform perdagangan online. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pilihan bagi investor dalam bertransaksi saham, terlebih investor baru..

“Investor baru yg belum familiar dengan platform online, baik kalau datang langsung ke kantor sekuritas untuk belajar dan berkomunikasi secara langsung dengan sekuritas. Setelah lancar, baru mereka bisa bertransaksi secara online,” pungkas Fanny.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru