Rabu, 29 November 2023
33 C
Semarang

KPU: Surat Suara Pemilu di Luar Negeri Sudah Terpenuhi 100 Persen

Berita Terkait

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut proses pencetakan surat suara Pilpres 2024 untuk luar negeri telah terpenuhi 100 persen. Saat ini, tengah dalam proses pelipatan dan sortir.

“Surat suara pemilu di luar negeri, surat suara pemilu presiden sudah dipenuhi 100 persen, sekarang sedang proses pelipatan, sortir,” ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari dilansir dari PMJ News, Selasa (28/11/2023).

Mulai 6 Desember sampai 23 Desember akan dikirimkan secara bertahap,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Hasyim menjelaskan surat suara itu akan dikirim ke-16 wilayah di Afrika, 11 wilayah di Amerika Latin, 9 wilayah di Amerika dan 29 wilayah di Eropa.

“29 PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) yang nanti rencana mulai dikirim bertahap menggunakan kantong diplomatik mulai 6-23 Desember,” ucapnya.

Sementara itu, Hasyim mengatakan persiapan kantong diplomatik untuk keperluan pemungutan suara Pemilu 2024 di luar negeri telah terpenuhi 48,6 persen. Dia menyebut kantong diplomatik itu menjadi prioritas dalam pengiriman logistik tahap pertama ke luar negeri.

“Kantong diplomatik ini kantong yang biasanya digunakan distribusi keperluan-keperluan negara yang urusannya lintas negara, sehingga menjadi prioritas untuk pengiriman-pengiriman tahap pertama,” tukasnya.

Hasyim meyakini jika logistik Pemilu di luar negeri dapat terpenuhi dalam proses pengirimannya di Desember akhir. Dengan begitu, lanjut dia, awal Januari logistik Pemilu luar negeri sudah dapat tiba di tempat-tempat pemungutan suara.

“Targetnya awal Januari sudah diterima, maksimal ya oleh teman-teman PPLN karena metode pos harus dilakukan sejak awal,” tukasnya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru