Sabtu, 9 Desember 2023
32 C
Semarang

Polri-TNI Tegaskan Komitmen Wujudkan Pemilu Damai

Berita Terkait

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kembali menegaskan komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, aman dan lancar.

Pernyataan komitmen tersebut disampaikan dalam kegiatan kunjungan kerja (kunker) ke Papua, Jumat (8/12/2023). Dimana salah satu agendanya adalah meninjau deklarasi Pemilu Damai bersama dengan lintas elemen masyarakat di Papua.

Dalam kesempatan itu, Sigit menekankan TNI-Polri bersama seluruh stakeholder terkait memiliki tugas mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berjalan damai, aman dan lancar.

“Terkait dengan kegiatan yang kita lakukan selama ini, dimana-dimana kita selalu mengawal, menyerukan, dan menyaksikan bersama masyarakat serta KPUD, Bawaslu menyelenggarakan komitmen pemilu damai,” ungkap Kapolri Sigit.

Kapolri menegaskan, kegiatan deklarasi Pemilu damai sangat penting dan harus terus digelorakan. Menurut Sigit, perbedaan dalam pesta demokrasi adalah hal yang lumrah, seluruh masyarakat bebas menentukan pilihannya.

Kendati begitu, Sigit mengingatkan semua pihak harus tetap mengutamakan, mengawal, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam Pemilu 2024.

“Sehingga ke depan apa yang menjadi tujuan nasional dan cita-cita bangsa semuanya bisa berjalan aman, lancar dan sesuai harapan rakyat,” tuturnya.

Pun demikian dengan Panglima TNI yang memiliki harapan sama. Agus berharap Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman dan damai. Untuk itu, dia menegaskan akan berkolaborasi dengan Polri dan stakeholder terkait mewujudkan hal tersebut.

“Kita berharap pelaksanaan Pemilu di Papua dan daerah lainnya berjalan lancar. Kita akan bantu dari distribusi sampai pengamanan di TPS. Tentunya kita berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu dan KPU yang ada di wilayah,” jelas Agus.*

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru