Kamis, 30 Mei 2024
29 C
Semarang

Jokowi Groundbreaking Pembangunan RSUP Khusus Jantung dan Stroke di IKN

Berita Terkait

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (20/12/2023). Rumah sakit tersebut dibangun oleh pemerintah.

“Hari ini kita groundbreaking lagi untuk Rumah Sakit Umum Pusat yang akan dibangun oleh pemerintah,” ujar Jokowi seperti dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Kabinet.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini, meletakkan batu pertama, groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya menyatakan dimulai,” sambungnya.

Selain rumah sakit ang dibangun pemerintah, lanjut Jokowi, hingga saat ini ada tiga rumah sakit swasta dalam tahap pembangunan. Dia berharap masyarakat Indonesia tidak lagi berobat ke luar negeri.

“Nanti mestinya kalau sudah jadi (rumah sakit), semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, ke Singapura, ke Jepang, Ke Amerika untuk kesehatannya,” tuturnya.

“Kita harapkan untuk semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia di Ibu Kota Nusantara khususnya,” imbuhnya.

Menurut Jokowi, nantinya RSUP hanya fokus terkait penyakit jantung dan stroke. Namun, melihat pembangunan di IKN yang menerapkan konsep green building, dia optimis masyarakat tidak terkena penyakit jantung maupun stroke.

“Memang konsentrasi rumah sakit umum pusat ini nantinya hanya di jantung dan stroke. Tapi, kalau kita melihat kehijauan di sini, oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang, stroke-nya menjauh,” terangnya.

Jokowi mengklaim kawasan Ibu Kota Nusantara akan sangat hijau. Dia juga menekankan pihaknya bakal terus melakukan penghijauan kembali dengan penanaman pohon endemik.

“Sekali lagi, agar kawasan yang ada di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau yang di negara mana pun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantara ini,” tukasnya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru