Kamis, 30 Mei 2024
34 C
Semarang

Bawaslu Temukan Masalah Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Berita Terkait

PORTAL JATENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan masalah pendistribusian logistik Pemilu 2024. Tercatat pada pendistribusian logistik tahap I banyak logistik, termasuk kotak suara rusak.

“Bawaslu mencatat kotak suara rusak di 177 Kabupaten/Kota (34.5%). Hasil pengawasan menemukan bilik suara rusak di 61 (11.9%) Kabupaten/Kota,” ungkap Anggota Bawaslu RI, Herywn Malonda dilansir dari PMJ News, Senin (8/1/2024).

Herwyn juga mencatat ada kesalahan tempat tujuan distribusi logistik tahap I di 10 Kabupaten/Kota. Dia mengaku pihaknya sulit memaksimalkan pengawasan distribusi logistik tahap I yang dilakukan pada 13 September – 11 November 2023.

“KPU tidak memberikan akses pada akun Sistem Informasi Logistik (Silog). KPU juga tidak memberikan informasi yang jelas tentang jadwal distribusi logistik,” tuturnya.

Lebih lanjut Herwyn menjelasikan, untuk distribusi logistik tahap II pada 15 November-14 Januari 2024 tercatat surat suara rusak di 127 atau 32,2% dari 514 Kabupaten/Kota. Lalu, ada 61 atau 15,9% Kabupaten/Kota yang surat suaranya belum sesuai jumlah yang semestinya.

“Ada masalah pengawasan pada distribusi logistik tahap II, seperti Bawaslu Provinsi Jambi yang dihalang-halangi dalam pengawasan langsung,” tuturnya.

Dari hasil pengawasan distribusi logistik tahap I dan II serta pengawasan luar negeri, Herwyn meminta seluruh jajaran pengawas pemilu untuk melakukan pemutakhiran data logistik. Pengawas juga harus memastikan jadwal distribusi logistik sampai pada saat pencoblosan.

“Pengawas pemilu harus memastikan pengamanan logistik dan mencatat semua hasil pengawasan kedalam Form A,” tukasnya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru