Rabu, 22 Mei 2024
30 C
Semarang

Tim KKN XVI Unisnu Karimunjawa Ajak Pelaku UMKM untuk Gencarkan Medsos

Berita Terkait

PORTALJATENG.ID — Tim mahasiswa KKN XVI Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara ajak pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk manfaatkan media sosial (medsos).

Ajakan tersebut, dilakukan di Kantor Balai Desa Karimunjawa pada 12 Februari 2024. Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam memperluas dan mengembangkan pemasaran.

Koordinator Mahasiswa Desa (Kormades) KKN XVI Unisnu Karimunjawa, Eva Saifuddin mengatakan, sebelumnya telah mengidentifikasi potensi Karimunjawa dengan beberapa pihak, termasuk perangkat desa.

“Desa karimunjawa memiliki potensi ekonomi yang cukup untuk bisa dikembangkan. Desa inipun memiliki beberapa pelaku UMKM yang sudah memperluas usahanya,” papar Eva Saifuddin kepada Portal Jateng.

Namun, lanjut dia, belum semua pelaku UMKM menyadari potensi besar yang bisa dihasilkan dari penggunaan medsos, karena minimnya akses informasi terhadap market place (pasar digital).

Berangkat dari hal itu, pelatihan digital marketing dengan fokus pelatihan pembuatan design dan strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial Whatsapp, Facebook dan Instagram.

“Para ibu-ibu PKK dan anggota Karang Taruna, mereka didampingi secara langsung oleh mahasiswa untuk mempraktekkan langsung pemasaran digital untuk produk dagangannya,” terangnya.

Di akhir sesi pelatihan, para peserta mengharapkan TIM KKN XVI Unisnu di Karimunjawa dapat memberikan pelatihan-pelatihan literasi digital dalam hal konten videografi. (PJ5)

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru