Rabu, 30 April 2025
29 C
Semarang

Masa Libur Idul Fitri, Traffic Penggunaan Data XL Axiata Melonjak 21 Persen

Berita Terkait

Jakarta – XL Axiata mencatat, trafik penggunaan data sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H, mulai 28 Maret – 6 April 2025, melonjak 21% dibandingkan hari-hari biasa dan naik 5% dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

“Kami bersyukur dapat memberikan kualitas layanan yang optimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini,” kata  I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Memurutnya,  persiapan telah dilakukan sejak jauh-jauh hari, mencakup seluruh aspek jaringan serta langkah-langkah antisipatif yang diperlukan. Seluruh tim jaringan, baik di pusat maupun yang bertugas di lapangan, juga siaga penuh selama periode krusial untuk memastikan layanan tetap berjalan lancar tanpa gangguan.

“Seperti yang kami perkirakan sebelumnya, terjadi lonjakan trafik data yang cukup tinggi selama periode liburan, terutama untuk akses layanan streaming video melalui media sosial. Hal ini mencerminkan tingginya semangat masyarakat dalam berbagi momen kebahagiaan Lebaran. Selain itu, pergerakan masyarakat yang begitu dinamis dari satu daerah ke daerah lainnya juga terekam melalui data kami. Secara keseluruhan, trafik data tercatat meningkat lebih dari 21% dibanding hari biasa,” terangnya.

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming  yang meningkat sebesar 17%, disusul File access yang meningkat 16%, kemudian web browsing juga meningkat 12% serta game meningkat 46%.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 46%, YouTube naik 9%, TikTok 18%, dan Netflix naik 10%. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26%, trafik X meningkat 23% dan Meta (Facebook) naik 4%.

“Sementara itu web browsing naik 12% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19% dibanding hari normal,” ungkap Darmayusa.

Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%.

Adapun diilihat dari provindi kenaikan trafik layanan tertnggi selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa,  terutama terjadi di Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan 44%. Disusul DIY dengan kenaikan 25%, Jawa Barat dengan kenaikan 20%, dan  Jawa Timur dengan kenaikan 28%.

Selanjutnya, Nusa Tenggara Barat dengan kenaikan 29 %, Lampung dengan kenaikan 29 %, Sumatra Barat dengan kenaikan 23 %, serta Sumatra Utara dan Aceh dengan kenaikan 23 %.

Sementara itu di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Banyuwangi dengan kenaikan 74 %, disusul Pandeglang Jawa Barat naik 63%, Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, naik 62%, Bangkalan, Madura naik 52%, Sampang Madura naik 51%, dan Garut Jawa Barat naik 49%.

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan tetap mengalami kenaikan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu naik hingga sebesar 18%.

“Trafik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan, kemungkinan dikarenakan tingkat perpindahan lokasi pelanggan berbeda dengan periode lebaran sebelumnya. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 27%,” terang Darmayusa.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan ratusan mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

“Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 58,8 juta. Jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 165 ribu BTS, termasuk 111 ribu BTS 4G,” pungkasnya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru