PORTAL JATENG.ID – Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga bersama Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah meninjau secara langsung 4 pangkalan resmi LPG di Kota Semarang, Minggu (30/07/2023).
Keempat Pangkalan LPG 3 kg yang dikunjungi yaitu Pangkalan Kunarsih di Kecamatan Tembalang, Pangkalan Zumrotul Mutmainah di Kecamatan Pedurungan, Pangkalan Sunarto di Kecamatan Pedurungan dan Pangkalan Ragil di Kecamatan Tembalang.
Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Mia Krishna Anggraini mengungkapkan, kunjungan langsung ke pangkalan ini bertujuan melihat langsung kondisi penyaluran LPG khususnya LPG bersubsidi.
“Dari sisi stok dan suplai kepada para Agen LPG subsidi sangat aman, sehingga yang menjadi fokus adalah memastikan penyaluran di rantai terakhir distribusi yaitu di pangkalan,” jelas Mia.
Dari Kunjungan Lapangan tersebut, seluruh Pangkalan menyatakan suplai lancar. Selain itu konsumen yang ditemui juga menyatakan selalu dapat memperoleh produk LPG 3 kg karena selalu tersedia di Pangkalan.
“Fakta yang lebih membanggakan adalah bagaimana para Pangkalan ini sesungguhnya juga menjadi Pejuang Subsidi Tepat yang mendorong subsidi LPG 3 kg tepat sasaran. Mereka sungguh-sungguh memastikan terpenuhinya kebutuhan warga yang berhak di sekitarnya dan selektif dalam memenuhi kebutuhan diluar warga yang selama ini sudah terdaftar. Beberapa Pangkalan juga mendorong konsumen yang mampu untuk menggunakan Bright Gas agar LPG 3 kg benar-benar dikonsumsi hanya oleh masyarakat yang berhak yang menggunakan LPG bersubsidi. Ini luar biasa karena program subsidi tepat ini selayaknya memang menjadi program bersama seluruh komponen negeri ini,” tutur Mia.
Pada proses tinjauan langsung tersebut, Mia juga mengecek pelaksanaan pendataan konsumen LPG 3 kg.
“Untuk tahap awal pendataan kami mintakan KTP pelanggan. Lalu saya cek apakah Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan sudah terdaftar atau belum. Jika belum terdaftar, kami akan mintakan Kartu Keluarga (KK) pelanggan,” ujar Zumrotul Mutmainah, salah satu pemilik pangkalan yang dikunjungi.
Sementara itu, salah satu konsumen yang ditemui di pangkalan Zumrotul, Imam menyatakan, sebagai konsumen pihaknya merasa pendataan untuk program subsidi tepat sasaran tidak bermasalah baginya.
“Kalau saya tidak masalah untuk menyerahkan KTP, apalagi penggunaannya untuk memastikan penyaluran LPG 3 kg kepada yang berhak menggunakannya,” katanya.
Agar membuat penyaluran LPG 3 kg tepat sasaran dengan program Subsidi Tepat LPG, Pertamina juga mengharapkan kerja sama dengan pihak terkait seperti Pemerintah Daerah serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), untuk turut melakukan pengawasan pendistribusian LPG 3 kg.
“Pengawasan bersama diperlukan untuk memastikan subsidi negara di LPG 3 kg tepat diterima masyarakat yang berhak,” jelas Aji Anom, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah.
“Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. Khusus untuk Jateng dan DIY, bisa dilihat melalui sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga, @mypertamina, dan @patraniagarjbt,” tambah Aji Anom.