Selasa, 21 November 2023
27.7 C
Semarang

PIP Berhasil Salurkan Pembiayaan UMi Rp 4,8 Triliun pada 1,3 Juta UMKM di Jateng

Berita Terkait

PORTAL JATENG.ID, Semarang – Pusat Investasi Pemerintah (PIP) kembali menggelar Rakor Penyalur 2023 sebagai ajang menginformasikan capaian kinerja program pembiayaan UMi, memperkenalkan inovasi layanan BLU PIP kepada para stakeholder, mempromosikan produk unggulan dari debitur, serta menyebarkan semangat anti korupsi dan anti gratifikasi kepada pengguna layanan dan stakeholder.

Acara tersebut digelar di PO Hotel Semarang pada 21 November 2023.

Direktur Utama PIP Ismed Saputra menjelaskan, dalam kegiatan Rakor Penyalur ini, PIP juga memberikan apresiasi kepada para penyalur yang selama ini menjadi mitra PIP.

“Penghargaan diberikan untuk penyalur dengan kinerja penyaluran terbaik, lending rate terendah, dan pemberdayaan terbaik,” terangnya kepada wartawan dalam acara Media Meet Up Semarang, Senin (20/11/2023) di Aroem Resto Semarang.

Rakor Penyalur kali ini mengambil tema PIP Inklusif dan Responsif, Kemenkeu Melayani Lebih Baik. Dalam rangkaian kegiatan kali ini juga diisi dengan workshop strategi pembiayaan UMKM, launching piloting pembiayaan UMi direct lending, dan penyerahan hadiah kepada pemenang Umiyouthpreneur 2023.

“Harapannya, hal ini akan mempermudah debitur untuk mengakses permodalan, sehingga PIP bisa terus berkontribusi untuk kemajuan ekonomi nasional,” katanya.

Dalam kegiatan ini, juga digelar Sosialisasi Antikorupsi dan Upaya Menghindari Praktik Koruptif sebagai bagian dari agenda Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).

“Diharapkan para penyalur UMi dapat mengedepankan pelayanan yang bersih dan berkualitas bagi debitur pembiayaan UMi yang pada muaranya berkontribusi pada peningkatan daya saing UMKM di Indonesia,” kata Ismed.

Hingga 16 November 2023, PIP telah menyalurkan Rp34,9 triliun pembiayaan untuk 9,46 juta debitur melalui 79 penyalur di 509 kabupaten dan kota. Untuk Wilayah Jawa Tengah sendiri, penyaluran pembiayaan UMi mencapai 1,33 juta debitur dengan total pembiayaan mencapai Rp 4,8 triliun.

Direktur Kerja Sama, Pendanaan, dan Pembiayaan PIP Muhammad Yusuf mengatakan bahwa kegiatan UMiyouthpreneur 2023, dilakukan untuk menjaring ide bisnis penuh terobosan dari generasi muda di seluruh wilayah Indonesia. Pada UMiyouthpreneur 2023 ini, PIP menerima 756 proposal bisnis yang dikerucutkan menjadi 15 besar untuk mengikuti kegiatan pitching, hingga kemudian dipilih 9 pemenang.

“Para pemenang ini selain mendapatkan modal juga mendapatkan pendampingan dan pengawasan perkembangan usaha dari PIP, sehingga bisa bermanfaat buat lingkungan sekitar,” terangnya.

PIP juga menyampaikan inovasi dan upgrade layanan UMi 2023. Ada juga sosialisasi mengenai simplifikasi proses bisnis dan jangka waktu penilaian dokumen bagi penyalur.

“Apabila sebelumnya memerlukan waktu 27 hari, kini dipangkas menjadi 14 hari. Demikian juga dengan dokumen, dari sebelumnya ada 43 dokumen, kini hanya 15 dokumen karena ini sudah mewakili dokumen yang sebelumnya perlu diminta,” pungkasnya.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru