Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Semarang

Jangan Sembarangan, Ada 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bisa Picu Migrain

Berita Terkait

PORTAL JATENG – Saat seseorang mengalami sakit kepala sebelah atau migrain dapat mengganggu dan tidak bisa beraktivitas dengan optimal. Kondisi seperti ini bisa dipicu dari makanan dan minuman.

Menurut Migraine Research Foundation, makanan yang memicu migrain hanya dapat terjadi bila dikombinasikan dengan pemicu lain. Namun, kombinasi dan pemicu ini secara umum bersifat sangat individual sehingga menyulitkan penelitian.

Seperti dilansir dari laman heathline dari PMJ News, Sabtu (2/12/2023), setidaknya ada beberapa pemicu umum yang dapat menyebabkan atau berkontribusi terhadap episode migrain pada beberapa orang.

  1. Kafein
    Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Namun, American Migraine Foundation menyebut kafein sebenarnya dapat membantu menghentikan serangan migrain. Ini juga dapat meredakan sakit kepala dengan penggunaan sesekali.
  2. Pemanis Buatan
    Banyak makanan olahan yang mengandung pemanis buatan. Ini adalah alternatif gula yang ditambahkan ke makanan dan minuman untuk menambah rasa manis. Namun, pemanis ini bisa menyebabkan migrain. Aspartam khususnya dianggap memicu episode migrain.
  3. Alkohol
    Alkohol adalah salah satu produk umum yang dianggap memicu migrain. Berdasarkan satu studi , lebih dari 35 perseb peserta penderita migrain melaporkan bahwa alkohol adalah salah satu pemicu umum mereka.

Anggur merah khususnya dilaporkan sebagai pemicu pada lebih dari 77% peserta yang melaporkan alkohol sebagai pemicu. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan penyebab utama timbulnya sakit kepala.

  1. Coklat
    Menurut American Migraine Foundation, coklat dianggap sebagai pemicu serangan migrain paling umum kedua setelah alkohol. Mereka mengatakan penyakit ini mempengaruhi sekitar 22 persen orang yang mengalami migrain.

Cokelat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine, yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

  1. Daging yang Diawetkan
    Daging yang diawetkan, termasuk daging deli, ham, hot dog, dan sosis mengandung bahan pengawet yang disebut nitrat, yang menjaga warna dan rasa.

Makanan tersebut dapat melepaskan oksida nitrat ke dalam darah, yang diduga dapat melebarkan pembuluh darah di otak. Ada beberapa bukti bahwa oksida nitrat dapat menyebabkan atau berkontribusi terhadap migrain.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru