Kamis, 22 Mei 2025
26 C
Semarang

Indosat Prediksi, Liburan Natal dan Tahun Baru Traffic Data Naik 16,58 Persen

Berita Terkait

Semarang – Indosat Ooredoo Hutchison memperkirakan, selama masa liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, trafik data secara nasional akan melonjak 16,58% dibanding trafik rata-rata harian normal.

Maka untuk mengantisipasi lonjakan traffic tersebut, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas. Selain itu meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata.

Lewat berbagai upaya tersebut, Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan optimis, selama momen liburan Natal dan Tahun Baru, pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.

Sehingga, selama momen liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Indosat Ooredoo Hutchison pastikan liburan tetap seru dan tetap nyaman berselancar di media sosial.

“Fokus kami adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga. Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terbaik dengan berbagai persiapan konektivitas agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menikmati hiburan yang nyaman,” ungkap Vikram.

“Seluruh upaya ini sejalan dengan misi perusahaan dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

“Guna memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC). DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh.

“Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025,” lanjut Vikram.

Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu di wilayah Jawa Tengah, diperkirakan, selama masa liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, trafik data akan meningkat sekitar 13.97%. Lonjakan traffic tertinggi akan terjadi di daerah Wonogiri, Purworejo, dan Kebumen.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat telah mengoptimalkan 28 Point of Interest (POI) yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

Diantaranya seperti Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wisata Air Panas Guci, Kawasan Wisata Tawangmangu, Bandar Udara Ahmad Yani, Bandar Udara Adisumarmo Solo, Kota Tua Semarang, Simpang Lima, Rest Area KM 287 dan KM 360, hingga Stasiun Semarang Tawang.

Optimalisasi ini mencakup penguatan kapasitas dan performa jaringan di 1610 BTS dan menyiagakan 5 unit Mobile Based Transmission Station (MBTS) yakni di Pekalongan, Rest Area Batang, Brebes, Kudus, dan Jepara.

“Upaya ini dilakukan untuk menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman digital tanpa gangguan, baik untuk bersilaturahmi secara virtual, berbagi momen kebahagiaan, maupun mengakses layanan digital lainnya,” terang Vikram.

Selain penguatan jaringan, Indosat juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Gombel dan akan beroperasi mulai 24 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi. Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru.

Lebih lanjut Vikram menjelaskan, selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, Indosat juga berbagi kebahagiaan dan menebar kehangatan untuk masyarakat termasuk kepada 1.000 anak yatim di seluruh Indonesia. Momentum penuh kasih untuk berbagi ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di bawah pilar Filantropi. Dengan mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kasih’ inisiatif ini menjadi penutup dari rangkaian bulan berbagi Indosat sepanjang Desember 2024.

Tidak hanya itu, Indosat juga turut memberikan berbagai kebahagiaan untuk pelanggan setia IM3, Tri dan HiFi di seluruh Indonesia dengan berbagai promo menarik. Pelanggan IM3 dapat menikmati Freedom Internet Baru dengan kuota yang makin besar di jaringan yang luas dan stabil. Sementara untuk pelanggan Tri, penawaran program khusus akhir tahun Wondercember dapat dinikmati di aplikasi bima+, dengan berbagai hadiah spesial mulai dari kuota, e-wallet, gadget, hingga motor listrik. Informasi terkait promo dapat diakses melalui http://bimaplus.tri.co.id/Wondercember. Untuk pelanggan internet, nikmati promo Akhir Tahun Indosat HiFi yang menawarkan speed booster up to 150Mbps dan hemat sampai 30% selama 3 bulan.

“Langkah-langkah strategis yang telah dilakukan merupakan bentuk nyata kami untuk mendukung kebutuhan digital pelanggan, terutama pada momen perayaan yang semakin bergantung pada konektivitas. Kami ingin agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital yang seamless, baik saat berbagi momen indah di media sosial, terhubung dengan keluarga dan kerabat, atau bermain game online favorit mereka,” tutup Vikram.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru