Rabu, 22 Mei 2024
29 C
Semarang

5 Manfaat Paparan Sinar Matahari Bagi Kesehatan, Nomor 2 Bikin Langsung Tenang

Berita Terkait

PORTAL JATENG – Sejumlah riset mengungkap sinar matahari sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun, hal ini tergantung pada warna kulit, usia, riwayat kesehatan, pola makan, hingga tempat tinggal Anda.

Seperti dikutip dari WebMD, dari PMJ News Jumat (29/12/2023), secara umum para ilmuwan berpendapat bahwa 15 menit hingga 30 menit adalah waktu berjemur yang tepat bagi Anda yang memiliki kulit gelap.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari sinar matahari yang perlu diketahui:

1. Asupan Vitamin D
Sinar UV matahari membantu tubuh Anda mendapatkan vitamin D, yang penting untuk tulang, sel darah, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga membantu menyerap dan menggunakan mineral tertentu, seperti kalsium dan fosfor.

Meskipun kebanyakan orang mendapatkan cukup vitamin D dari makanan, anak-anak yang tidak mendapatkan vitamin D dapat terkena rakhitis, yang melembutkan dan melemahkan tulang mereka.

2. Tidur yang Lebih Baik
Mata membutuhkan cahaya untuk membantu mengatur jam internal tubuh Anda. Sinar matahari pagi khususnya, membantu orang untuk tidur dengan lebih baik pada malam hari.

Hal ini mungkin menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia karena mata kurang mampu menerima cahaya, dan Anda lebih mungkin juga mengalami masalah tidur.

3. Kesejahteraan Emosional
Sinar matahari membantu meningkatkan serotonin di otak yang dapat memberi lebih banyak energi serta membantu Anda tetap tenang, positif, dan fokus.

Dokter terkadang mengobati gangguan afektif musiman dan jenis depresi lain yang terkait dengan rendahnya tingkat serotonin dengan cahaya alami atau buatan.

4. Baik untuk Kesehatan Mata
Sinar matahari dalam jumlah cukup, cenderung menghindarkan Anda dari masalah penglihatan seperti rabun jauh. Namun perlu diingat, bahwa terlalu banyak sinar matahari langsung bisa melukai mata Anda..

5. Baik untuk Kesehatan Kulit
Sinar ultraviolet dari pancaran sinal matahari dalam jumlah kecil secara teratur juga bisa membantu meringankan gejala kondisi kulit tertentu seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo.

Berita Terkait

spot_img

Berita Terbaru